Rabu, 05 November 2008

Blaster..

Pernah denger Worm Blaster?

Belakangan ini kayaknya Laptop yang saya pake kena Blaster. Penjelasannya klik di link ini saja: INI.
Ciri-cirinya:
- muncul error 'Generic Host Process for Win32 Services' dan menanyakan apakah akan mengirim error report ke microsoft atau tidak.
- Koneksi internet akan terputus perlahan-lahan.
- Komputer Hang perlahan-lahan.
- Tidak bisa shut down dengan benar.
- Muncul error svchost.exe tidak bisa menulis di alamat memori tertentu.

Pada mulanya disinyalir ada malfungsi dari RAM secara pertama kali mengalaminya saat pasang RAM baru. Setelah itu dicoba RAM lama dilepas dan hanya menggunakan RAM baru. Testing.. Error! Nah saya menyimpulkan saat itu RAM baru yang bermasalah. Kemudian RAM lama kembali dipasang. Testing... Normal! Sipp..
Esoknya saya menukarkan RAM baru dengan garansi replace dengan RAM baru. Oiya.. Error terjadi saat saya terhubung dengan internet telkom speedy. Saat terhubung dengan internet kantor, tidak terjadi error sama sekali. Malamnya RAM baru kembali dicoba. Testing.. Error! Wah saya mulai bertanya-tanya. Kali ini saya langsung mengembalikan ke RAM lama. Testing... Error!! Nah lhoooo.. Karena malam itu cukup capek maka testing tidak saya lanjutkan. Esoknya saya mencoba RAM baru terpasang dan menggunakan Laptop terhubung ke internet. Testing.. Normal!! Nah lhooo.. Semakin bingung. Setelah googling kesana kemari hey hey.. Beberapa mengatakan bahwa itu disebabkan oleh blaster. Port yang diserang 135 dan 445. Kalo mau harus tutup port manually tapi nanti susah berhubungan dengan share file. Tanya kesana kemari maka memutuskan untuk memakai firewall dari ZoneAlarm. Firewall ini free jadi tinggal download aja di situsnya.

Saat ini sedang testing koneksi dengan perlindungan firewall dari zonealarm. So far belum ada error yang muncul dan sampai sekarang tercatat 61 intrusions yang ter-block oleh ZoneAlarm ini. Sebagian diantaranya melalui port 445 dan 135. Hmmm.. Untuk sesaat masalah teratasi.
Semoga gak kumat deh.

Ada saran lain?

NB: Oiya PC adek saya juga mengalami error yang sama saat terkonek dengan speedy di rumah. Apakah Network Speedy tidak secure?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

lha kok sama yang dengan penyakit pc saya. tapi memang begitu kok resikonya kalo connect ke internet, kemungkinan kena virusnya banyak

Anonim mengatakan...

iya sama, warnet gw jga kena gituan, koneksi pake 2 speedy, kyknya emang speedy lagi di oobok2 ma virus