Rabu, 05 November 2008

Hamilton..

Sebenernya saya gak begitu suka F1 karena lebih tertarik dengan MotoGP. Lebih menegangkan dan seru. Tapi untuk seri terakhir F1 kemarin emang bener-bener berbeda. Meski cuma nonton di awal aja (secara tengah malem acaranya) tapi setelah baca di koran ternyata sangat-sangat seru.

Kondisi awalnya begini:
- Louis Hamilton dari McLaren-Mercedes memimpin di puncak klasemen sementara dan Felipe Massa dari Ferrari berada di posisi ke-dua.
- Massa juara dunia jika pada seri terakhir menempati posisi podium pertama dan Hamilton berada di posisi ke enam atau lebih.
- Hamilton juara dunia jika pada seri terakhir menempati posisi paling buruk ke-lima dengan asumsi Massa peringkat pertama mengingat seri terakhir diadakan di Brasil, asal Felipe Massa.

Sebagai tuan rumah, Massa diharapkan menang. Dan untuk menggeser posisi Massa, Hamilton hanya cukup berada di posisi ke-5.

Perlombaan diawali dengan kondisi trek basah sehingga para pembalap memutuskan untuk memakai ban basah untuk tunggangannya. Untuk pertengahan lomba trek mulai kering dan pembalap menukarkan bannya dengan ban kering. Menjelang akhir lomba saat tinggal menyisakan beberapa lap, trek kembali diguyur hujan. Beberapa pembalap mulai memutuskan masuk pit untuk kembali menggunakan ban basah. Saat itu Massa memimpin lomba dan Hamilton ada di posisi ke-lima. Sungguh dramatis..

Ketegangan mulai naik ketika menjelang akhir lomba posisi berubah karena Sebastian Vettel mendahului Hamilton. Posisi saat itu Felipe Massa - Kimi Raikkonen - Fernando Alonso - Timo Glock - Sebastian Vettel - Lewis Hamilton. Hujan semakin membasahi trek sementara Timo Glock memutuskan untuk tidak mengganti ban.

Drama paling menarik terjadi di tikungan terakhir lap terakhir saat garis finish tinggal beberapa ratus meter lagi. Saat itu Massa sudah melewati garis finish dan mengira dirinya menjadi juara dunia karena Hamilton berada di posisi ke-enam. Kru Ferrari bersorak sorai dan saling merangkul. Tapiiiii... Di tikungan terakhir itu sesuatu terjadi!! Mobil Toyota Timo Glock mulai slip dan kehilangan cengkeraman roda saat menikung. Hal ini mengakibatkan mobilnya melambat. Lalu dengan mudah Vettel dan Hamilton menyalip Glock dan melewati garis finish. Glock pun harus puas di posisi enam.

Bukan.. Bukan Glock yang kita sorot. Tapi Hamilton!! Dia untuk beberapa detik terakhir mendapatkan posisi ke-lima!! Dan itu artinya dia menjadi JUARA DUNIA!! Situasi yang berubah hanya dalam beberapa detik!! Woww.. Kru Ferrari yang sebelumnya merayakan kemenangan sontak saja menjadi seperti berkabung. Bahkan dari radio komunikasi terdengar isak tangis Felipe Massa. Massa menangis. Gelar yang hanya dirasakan beberapa detik itu melayang.

Well benar-benar menegangkan. Saya bukan fans Hamilton, bukan juga fans Massa. Tapi.. Selamat buat Hamilton..

Tidak ada komentar: