Kamis, 05 Maret 2009

EW20SGENT/EW50MPSENT Review..


Cihuuuuyyyy... Akhirnya datang jugaaaaa...

Hampir seminggu ada satu benda yang jadi anggota baru di kamarku. Yaitu Ibanez EW20SGENT..
Ibanez Akustik Elektrik model jumbo yang jadi pilihanku setelah browsing sana sini. Ini adalah gitar akustik elektrik ke-dua setelah Fender Telecoustic yang dulu. Yuk kita bahas..

Ibanez EW series sebenarnya adalah seri Exotic Wood. Dikatakan exotic wood karena bahan kayu yang dipakai adalah kayu yang jarang digunakan untuk pembuatan gitar dan menghasilkan penampilan yang 'wah','eksotis','mewah' tanpa mengesampingkan kualitas sound. Sebenarnya seri yang dibeli ini gak persis dengan apa yang dikatakan seller-nya. Entah karena minimnya pengetahuan seller akan barang yang dijual atau apa, yang penting masih worth.
Tadinya penjual mengatakan seri EW50MPSENT. Sama persis dengan EW20SGENT yang ada di tangan hanya bedanya material kayu (efeknya ke corak) dan tuners-nya. Kayu yang digunakan EW50MPSENT adalah monkey-pod wood sedangkan EW20SGENT menggunakan spalted-mango wood. Terus terang corak yang dihasilkan lebih suka yang monkey-pod tapi ya sudahlah gak masalah. Untuk penampilan, jauh di atas gitar sekelasnya, 10/10.

Sekarang sound. Untuk unplugged sound, cukup oke. Sound yang dihasilkan bright, warm,deep,rich. Mungkin karena body jumbo yang dimilikinya. Cukup jelas tone-nya untuk strumming, meski nggak sebagus dreadnought. Mungkin karena jenis body dan kayunya. Setelah di-colok ke sound.. Wah outputnya sangat brilian. Lebih dari yang diharapkan. Ada notch-filter untuk mengurangi feedback (kayaknya ini untuk set presence deh..). Three-band EQ dan volume yang pengaturannya cukup unik. Ada tambahan tuner! Wah dengan harga segitu udah dengan tuner built-in. Pickup B-Band juga cukup oke untuk akustik. Output XLR dan 1/4" juga sangat mudah untuk live ataupun recording. Wow mantap!! Untuk sound, nilai 8/10.

Playability dari gitar ini secara default sudah sangat OK. Bahkan untuk senar ukuran 0.11 cukup ringan di tangan. Neck yang tipis juga memudahkan pemakaian. Single-cut pada body memungkinkan untuk menggapai nada-nada tinggi. Lebih enak dari yang kubayangkan sebelum membeli. Nilainya 8/10.

Memang gitar seri ini tidak disediakan untuk pasar Indonesia meskipun dibuat di sini. Beberapa seri EW lain mungkin dipasarkan di Indonesia, tapi tidak untuk seri ini. Hal ini dapat dilihat dari website resmi ibanez indonesia tidak terdapat seri ini. Overall, puas banget deh sama nih gitar. Sangat layak untuk dimiliki dan collectible banget.

Genjreng-genjreng sambil nyanyi ahh...
*Kuambil gitaaaaar dan mulai kumainkaaaaaan... -Slank

2 komentar:

Anonim mengatakan...

waaaaaahh..asiknya punya gitar kerennn..
poto bareng gitarnya dong. :D

tintabiru mengatakan...

@Nie: Jangan ah.. Ntar gitarnya kalah keren..